cara menemukan/mencari ide bisnis



Assalammualaikum wr.wb..

Hallo semuaaaa.. Jadi pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahu kalian cara-cara menemukan atau mencari ide bisnis yang kreatif. 
Disimak ya bacaan berikut ini..


Bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan perencanaan yang komplit memiliki potensi keberhasilan yang besar ketimbang bisnis yang dimulai tanpa perencanaan yang matang.Tidak sedikit pebisnis yang memulai usaha tanpa memperhatikan ide kreatif dan perencanaan yang matang mengalami penurunan penjualan sehingga mereka rugi dan bahkan sampai gulung tikar. Apalagi kondisi ekonomi saat ini yang menjadikan daya beli masyarakat menurun drastis sedangkan harga kebutuhan pokok terus saja naik. Kondisi ini seakan menuntut kita untuk kreatif dalam memulai usaha. Mau tidak mau kita harus mempunyai ide bisnis yang benar-benar kreatif dan inovatif agar bisa terus berjalan meski kondisi kritis.
Pertanyaan nya, bagaimana cara menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif? Cara yang sederhana dan paling mendasar yang  perlu di lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Karena pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, toko online muncul karena sebagian besar orang-orang menginginkan belanja yang aman dan praktis tanpa terjebak macet di jalan. Untuk itu perlu belajar agar jeli membaca situasi sehingga mudah untuk kita  mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Untuk lebih jelas nya, saya akan memberi 7 sumber inspirasi dalam menemukan ide bisnis yang kreatif
1. Temukan permasalahan yang ada dihadapi masyarakat

Poin pertama ini sudah kita singgung di atas mengenai membaca lingkungan sekitar. Artinya Anda perlu turun langsung untuk melihat kondisi lingkungan dan mencari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kunci untuk menemukan permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang namun belum ada yang mendapatkan solusinya. Niatkan dalam diri kita untuk memberikan solusi pada permasalahan yang terjadi. InsyaAllah kita akan mendapatkan kemudahan mendapatkan ide yang kreatif untuk saling membantu. Sebagai contoh, anda pastinya tahu apa itu Gojek dan Uber. Bisnis startup bidang transportasi yang mengandalkan aplikasi dan jaringan internet untuk mengantar orang ke tempat yang lain ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Wajar saja jika kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Maka, begitu mereka resmi launching, mereka langsung kebanjiran order bahkan sampai menyebar ke barbagai kota lainnya.
2. Lakukan riset produk dan bisnis



Riset perlu dilakukan agar Anda bisa memastikan ide bisnis anda di terima di pasar.  Anda bisa melakukan riset dengan memanfaatkan internet. Dengan browsing kita bisa lebih mudah menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Anda bisa menemukan produk dan ide bisnis  yang berhubungan dengan ide yang ada di pikiran anda. Dari penelusuran tersebut anda akan lebih mudah memadukan prosuk atau bisnis yang sudah ada menjadi ide bisnis yang lebih kreatif dan inovatif.
Sebagai contoh riset sekunder: jumlah orang yang membeli barang, jumlah orang yang berkunjung ke website anda. Lalu contoh riset primer: riset jumlah orang yang menyukai smartphone A, riset daya beli konsumen.
3. Belajar dari kesuksesan orang lain

Dengan mengamati bisnis yang sudah mapan atau boleh dikatakan sukses kita akan mengetahui keunggulan dari bisnis tersebut. Karena bisnis yang sudah mapan memliki berbagai keunggulan yang dapat kita pelajari. Sehingga kita bisa mendapatkan ide bisnis serupa namun mesti dimodivikasi agar mempunyai nilai lebih. Mulai sekarang jika anda bepergian cobalah amati perusahaan-perusahaan sukses. Karena itu bisa menjadi ide bisnis untuk anda modivikasi.
Contohnya yaitu misalkan sharing dengan pebisnis yang mapan lalu ambil poin poin penting dari obrolan dengan pebisnis tersebut.
4. Dapatkan inspirasi dari masalah personal

Dengan mengamati bisnis yang sudah mapan atau boleh dikatakan sukses kita akan mengetahui keunggulan dari bisnis tersebut. Setelah membaca tulisan sampai di sini, saya anggap Anda sudah faham tenang berpikir kreatif dan positif. Maksudnya mulai saat ini ketika Anda mendapati suatu masalah berhentilah mengeluh. Berpikirlah positif dan carilah solusi dari permasalahan tersebut. Karena bisa jadi solusi yang anda temukan dari permasalahan yang datang menjadi sebuah ide bisnis terbaik anda.
Sebagai contoh go-jek, Nadiem Makarim (Founder Go-Jek) pernah mengatakan bahwa ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganan nya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang. Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.
5. Amati trend yang sedang berkembang



Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif. Dengan mengikuti trend anda akan dengan mudah dalam menjaring konsumen dalam waktu yang cepat. Namun mesti diperhatikan saat anda memulai usaha dengan mengikuti trend. Usahakan bisnis anda berbeda dari yang sudah ada. Setidaknya ada nilai lebih sehingga menarik konsumen untuk memilih perusahaan yang anda jalankan dari pada yang lain. Dan pastikan anda suda mempunyai solusi seandainya trend bisnis tersebut memudar.
Contohnya seperti perbanyak membaca dan  mengamati media informasi,  baik media cetak maupun elektronik. Selain itu, saat ini adalah era  sosial media yang berkembang pesat. Segala jenis informasi bisa anda dapatkan atau sebarkan melalui sosial media, termasuk tren bisnis yang sedang berkembang. Perhatikanlah berita, percakapan, komentar dan informasi-informasi lainnya yang menunjukan tren saat ini. Dengan sering melakukan hal tersebut, kemampuan anda dalam mengamati akan semakin terasah

6. Berfikir out of the box

Pada tahap ini, Anda harus peka dalam membaca peluang atau ide-ide umum yang berada di pasaran. Tidak sedikit bisnis inovatif yang lahir dari gagasan biasa, hanya saja dijalankan dari sudut pandang berbeda. Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain! Jika Anda mampu melakukannya pada setiap tahap dan sumber inspirasi ide bisnis di atas, maka Insya Allah akan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai contohnya adalah de'Rahmawan Group dibangun bersama rekan-rekan terpercayanya dan dalam waktu 3 bulan sudah mendapatkan beberapa penghargaan karena kemajuannya yang pesat 
Nah itulah 6 cara menemukan ide bisnis yang kreatif semoga bisa bermanfaat untuk kalian yaa! Selamat berwirausaha:)




Komentar