Pentingnya Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha


Sebelum membahas "Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha" saya akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu organisasi dan apa itu manajemen.

Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.

Pengertian Manajemen
Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan,pengorganisasian,pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.

Manajemen sangat berhubungan erat dengan organisasi artinya tidak ada sebuah organisasi tanpa ada manajemen sehingga organisasi tersebut adalah tempat manajemen itu akan berperan aktif karena organisasi membutuhkan pengolahan, penyusuna, pengarahan, dan pengawasan dalam mencapai tujuan.

Alasan pentingnya manajemen organisasi dalam berwirausaha adalah dapat memudahkan dalam pencapaian tujuan usaha. Selain itu, pendataan/ pencatatan transaksi juga jadi lebih tertata, sehingga bisa dilihat progres usaha dan pencapaiannya sudah sampai mana. Struktur organisasi juga perlu, untuk membagi tugas dalam menjalankan usaha agar semua beban tidak menitikberatkan pada satu orang/pelaku. Pembagian fungsi manajemen menurut Dalton EMC Farlan terbagi menjadi:

1.Planning (Perencanaan)
2.Organizing (Pengorganisasian)
3.Controlling (Pengawasan)

Keberhasilan suatu bisnis atau usaha tergantung dari manajemennya. Bisnis/ usaha akan berhasil apabila manajemennya baik dan teratur, dimana manajemen itu sendiri merupakan suatu perangkat dengan melakukan proses tertentu dalam fungsi yang terkait. Maksudnya adalah serangkaian tahapan kegiatan, mulai dari awal melakukan kegiatan sampai akhir tercapainya tujuan bisnis tersebut.


Komentar