My Bisnis



EXECUTIVE SUMMARY


  • Sumber ide
Dalam beberapa bulan ini, virus corona sedang mewabah tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Kondisi tersebut memaksa semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri agar terhindar dari virus. Dengan adanya hal tersebut membuat aktivitas menjadi terhambat. Pandemi ini menuntut orang untuk beradaptasi secara cepat dengan pola kerja baru. Misalnya para pekerja harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH), mahasiswa dan anak sekolah pun harus belajar secara online. Situasi seperti ini juga membuat masyarakat menjadi takut untuk keluar rumah apalagi berpergian ke mall sehingga masyarakat menjadi susah untuk membeli kebutuhannya seperti pakaian,makanan,dll. Walaupun banyak kegiatan yang harus berjalan secara tidak biasa, namun saya masih bisa mengambil hikmah dari kejadian ini dengan mengambil peluang usaha melalui online dengan menjual baju. Jadi masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

  • Deskripsi produk
Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Pada bisnis online ini, saya juga menjual baju yang berbahan rayon bahan ini berserat sintetik rayon yang terbuat dari kayu selulosa tinggi. Bahan ini adalah bahan yang jatuh, lembut dan juga memilik daya serap yang cukup baik. Selain itu, saya menjual macam-macam baju seperti sweater,baju muslim seperti gamis,dan kaos.
Tentunya saya menjual baju baju yang sangat modern dan kekinian dengan berbahan premium.


  • Produksi
1. Gamis



Busana gamis adalah pakaian muslim wanita (muslimah) dengan model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.
Pada baju gamis saya menggunakan bahan toyobo, Jenis kain dari keluarga katun ini punya karakter yang adem, nyaman di kulit dan daya serap keringatnya cukup baik. Jika dibandingkan dengan katun biasa, toyobo lebih halus dan licin. Serat kainnya rapat dengan tekstur yang lebih lembut dari katun biasa. 

2. Sweater


Untuk sweater saya menggunakan bahan rajut premium.Karena elastis dari bahan rajut bisa dikatakan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kain tenun. Sebab bahan rajut bisa meregang dengan mudah dan memungkinkan dapat bergerak lebih leluasa. Keunggulan lain dari rajut yaitu tidak mudah kusut dan memiliki fleksibilitas kain yang cukup baik sehingga pelanggan dapat memakai sweater dengan nyaman.

3. Kaos



Selanjutnya produk terakhir yang saya jual adalah kaos. Kaos salah satu pakaian yang sangat sering digunakan setiap hari oleh manusia. Kaos yang saya jual berbahan cotton combed,  sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dan bagaimana daya serap kainnya. Secara kain cotton combed dibuat menggunakan baha 100% serat cotton atau kapas. Sehingga sudah pasti bahannya akan menyerap air terutama keringat dengan baik. Sehingga sangat nyaman digunakan sehari=hari.

  • Team


     

Dalam menjalankan bisnis online ini saya tidak sendiri mengerjakannya, tentunya saya membutuhkan team untuk membantu menjalankan bisnis ini. Dengan adanya tim, suatu pekerjaan dapat dikerjakan secara bersama-sama. Satu sama lain bekerja untuk mencapai satu tujuan yang sama dalam mengembangkan bisnis yang dijalani. Membuat bisnis sukses dipasaran merupakan tujuan utama dari bisnis online ini. Maka penting sekali untuk saya dalam membentuk sebuah tim untuk menyukseskan bisnis online.
Dalam bisnis ini saya membagi beberapa tim yaitu tim yang bekerja untuk foto dan mengupload produk ke sosial media, tim yang bekerja membalas pesan customer, tim produksi barang,tim packing barang dan tim bagian keuangan. Dengan membentuk tim dapat meningkatkan efisiensi kerja, memiliki banyak ide kreatif, beban kerja menjadi lebih ringan, saling menguatkan dimasa sulit, dan tentunya memajukan bisnis online ini.

  • Pemasaran

1.Melakukan Promosi

Kenalkan produk saya kepada konsumen dengan cara yang kreatif agar produk saya menarik konsumen. Saya mengenalkannya melalui media cetak (surat kabar, majalah, brosur, pamflet), media elektronik (iklan di tv, internet, media sosial) atau dari mulut ke mulut.
Selain itu saya juga memperhatikan cara promosi kompetitor agar saya tidak kalah bersaing. Saya juga menarik konsumen dengan cara memberikan diskon atau hadiah menarik agar konsumen menjadi pelanggan setia.

2.Menggunakan Internet Marketing

Saya menampilkan produk usaha saya pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen.
Dengan menggunakan internet marketing, saya juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

3. Menjalin hubungan dengan konsumen

Konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk saya dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya saya memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan. Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.


  • Keuangan


  • Bussines Modal

 1) Costumer Segment / Segmentasi Konsumen
Pemilik usaha harus mengidentifikasikan kelompok dasar yang menjadi customer dan ciri ciri konsumennya. Jadi, karena bisnis online saya menjual pakaian dan tentunya pakaian mencakup semua target: anak-anak sampai orang dewasa.

2) Value Propositions / Proposisi Nilai

Kelebihan dalam menjual pakaian tentunya tidak ada expirednya, bahan yang saya jual yaitu bahan bahan yang premiun sehingga sangat nyaman dipakai sehari-hari, harga terjangkau, mudah didistribusikan Karena pakaian merupakan barang yang tidak mudah basi dan tidak mudah rusak, maka tentunya sangat mudah didistribusikan ke seluruh penjuru Indonesia bahkan ke mancanegara.


3) Channel / Jalur

Channel adalah bagian pemetaan dimana value diantarakan kepada kelompok berlangganan. Dalam menjalankan bisnis ini yang saya gunakan untuk men deliver tanggapan atau saran yang kami gunakan untuk sampai ke konsumen yaitu media sosial.

4) Costumer Relationships / Hubungan dengan Pelanggan

Mengidentifikasikan usaha-usaha apa yang dilakukan perusahaan nya untuk berkomunikasi dengan konsumen. Cara saya menjalin hubungan dengan pelanggan yaitu dengan sering memberikan harga promo dan mengadakan giveaway untuk pelanggan pelanggan saya apabila membeli lebih dari 3pcs.

5. Revenue Streams


Bagian dimana manajemen mencatat darimana saja sumber pemasukan perusahaan. Penjualan baju gamis,sweater,dan kaos yang berbahan premiun dan nyaman dipakai.

6) Key Activities / Kegiatan Kunci

Dalam key activities yaitu aktivitas yang paling utama dari bisnis ini. Memilih bahan bahan yang premium, mendesign motif yang cocok untuk kalangan anak anak sampai dewasa.

7) Key Resources / Sumber Daya Utama

Perusahaan mencatat sumber daya apa saja yang diperlukan oleh perusahaan untuk dapat menjalankan operasi key activities.
*Intellectual: pattern merek bisnis online saya
*Human: fasion designer yang cukup berpengalaman untuk merancang produk saya
*Financial: modal awal 25.000.000 untuk menjalankan bisnis pakaian.

8) Key Partnership / Mitra Kunci

Bagian dalam pemetaan dimana reseller yang mendaftar dan siapa saja yang menjadi stakeholder dan berkaitan langsung dengan perusahaan.
Kami bekerjasama  dengan perusahaan garmen untuk menjahitkan produk-produk kami.

9) Cost Structure / Struktur Pembiayaan

Pencatatan sumber pengeluaran perusahaan. Biaya yag dikeluarkan biasanya tergantung banyaknya pesanan yang ada.
*Cost driven: biaya keluar tergantung dari biaya kain
*Variabel cost: biaya jahit tergantung berapa baju yang akan diproduksi


Komentar