Business Plan



Assalammualaikum wr.wb.. Hallo, apa kabar semuanya?saya berharap kabar kalian baik baik saja yaa..
Pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan kepada kalian pengertian dari business plan,manfaat business plan,prinsip,dan juga komponen business plan beserta video yang saya buat mengenai business plan.

Pertama saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan business plan? Business plan atau rencana bisnis adalah  pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Business plan juga merupakan proses berpikir secara menyeluruh melalui suatu persoalan dan solusinya sebelum bertindak. Karena, masa depan bisnis tidak dapat diprediksi sepenuhnya, tetapi dengan adanya business plan ini sebagian besar kebutuhan dan hambatan yang mungkin dihadapi di masa mendatang dapat diantisipasi dan dipersiapkan dengan baik.




Selanjutnya saya akan menjelaskan apa manfaat dari business plan/menyusun rencana bisnis. Manfaat-manfaat yang dapat kita dapat dalam menyusun rencana bisnis yaitu:

  1. Rencana Bisnis akan membantu anda dalam meneropong bisnis anda secara objektif, kritis, dan tidak terbalut dalam perasaan emosional terhadap rencana proyek bisnis yang akan anda jalankan.
  2. Rencana Bisnis yang anda susun dapat menjadi jembatan bagi anda dalam mengkomunikasikan segala ide dan gagasan anda kepada pihak lain. Selain itu, rencana bisnis tersebut dapat dijadikan dasar dalam hal pembiayaan, seperti modal, saluran sirkulasi finansial, pengeluaran, dan pendapatan.
  3. Rencana Bisnis yang telah dibuat tersebut dapat menjadi penuntun sehingga anda dapat bekerja lebih efektif dan efesien, yang pada akhirnya berfokus pada tujuan usaha anda.
  4. Rencana Bisnis yang telah disusun secara cermat umumnya dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis anda.Anda juga dapat meminimalisir pengeluaran biaya tinggi yang tidak sesuai dengan rencana dan kebutuhan.
  5. Rencana Bisnis akan membuat anda lebih cepat bertindak, terutama saat menemukan hambatan-hambatan yang tak diperkirakan sebelumnya.
  6. Business Plan dapat menjadi alat pembelajaran dan pengalaman bagi anda terkait rencana usaha yang mana yang membuat anda berhasil atau gagal. Dengan hal tersebut, anda akan lebih mudah untuk menyususn strategi selanjutnya.




Business plan tentunya mempunyai prinsip, yaitu:

  • Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak.
  • Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis.
  • Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha.
  • Perencaaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien.





Ada tujuh komponen dalam menyusun rencana bisnis (Business Plan), semua bagian tersebut penting, saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis. Wartawirausaha kali ini akan membahas secara singkat tentang bagaimana membuat rencana bisnis yang sederhana, tentu konsep ini dapat anda kembangkan sesuai kebutuhan agar dapat menemukan konsep yang paling cocok dan fleksibel. Dalam artikel kedua juga kami sertakan contoh gambaran sederhana menyusun rencana bisnis membuat situs marketplace. Berikut adalah komponen-komponen penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis.
1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.
2. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).
3. Analisa Pesaing
Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.
4. Rencana Desain dan Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.
5. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
6. Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.
7. Kesimpulan Usaha
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.




Komentar